Thursday, August 9, 2012

[TUTOR] Mengembalikan data yang hilang dengan Foremost

Pernah kehilangan file ? 
Beberapa waktu yang lalu, saya mencoba untuk experiment mengembalikan data yang hilang, saya menyiapkan Flashdisk dan saya mengisi file tersebut dengan file gambar.

Ada 3 gambar yang saya hilangkan, file pertama saya hilangkan dengan menekan Shift+Delete file kedua saya hilangkan dengan menekan tombol delete saja, dan file ketiga saya pindahkan dengan menggunakan Cut+Paste ke lokasi lain (Diluar Flashdisk).

Lalu saya mencoba mengembalikan data tersebut dengan menggunakan foremost, salah satu tools yang sudah terinstall pada backtrack. 

Untuk yang ingin lebih jauh lagi mengenal foremost, bisa kunjungi website Disini

Berikut perintah yang saya gunakan untuk mengembalikan datanya

Code:
foremost -t jpeg -i /dev/sdb1

perintah -t menunjukkan bahwa file yang akan saya kembalikan bertipe jpeg, agar proses pengembalian data tidak lama maka saya spesifikasi saja tipe filenya.

Unuk perintah -i menunjukkan lokasi flashdisk saya, saya tidak melakukan mounting terhadap flashdisk tersebut, saya langsung menunjukkan lokasi aslinya.

Ternyata file yang saya hilangkan dengan 3 cara diatas (Del, Shift+Del, Cut) bisa kembali lagi dengan baik. 

Karena penasaran lalu saya melakukan quick format terhadap flashdisk tersebut, dan saya kembali melakukan pengembalian data dari file tersebut, dan hasilnya ketiga gambar tersebut bisa dikembalikan dengan baik pula.

Karena penasaran saya mencoba memformat flashdisk saya (Tidak menggunakan Quick Format) Artinya flashdisk tersebut sudah 2 kali di format, pertama Quick Format lalu yang kedua format biasa, namun tetap bisa dikembalikan file file yang telah dihilangkan tersebut.

Karena penasarannya saya, saya mencoba menformat flashdisk saya hingga 10 kali, dan ternyata hasil 10 format tetap tidak membuat data hilang.

Nah, buat temen temen jangan coba menaruh data yang penting ataupun pribadi kedalam flashdisk jika kita tidak tau cara untuk benar benar menghilangkan datanya. Bagaimana jika yang diformat adalah MicroSD atau external hardisk lainnya yang didalamnya terdapat data data pribadi teman teman semua ? bisa bisa disalah gunakan oleh orang orang yang tidak bertanggung jawab.

Sekian dulu, semoga bisa menambah wawasan dan informasi buat temen temen semua.

No comments:

Post a Comment